..............berpendarlah dengan cahaya yang berkilau laksana kunang-kunang di malam yang gelap....... tak perlu ragu karena dari mana asalmu, karena kilau emas sekalipun berasal dari kubangan lumpur juga......................

Senin, 09 Mei 2011

Penyesalan


Menurut kalian, apa hukuman paling berat bagi seseorang yang sudah menyadari kesalahan yang dia perbuat? Hukuman mati? atau dipenjara seumur hidup?

Menurutku hukuman terberat adalah dihantui rasa bersalah. Mungkin kita bisa meminta maaf dengan berbagai cara kepada orang yang telah kita sakiti, tapi bagaimana jika kita tak pernah tahu apakah orang tersebut memaafkan kita atau tidak?

Mungkin lebih tepatnya kita sebut penyesalan, kenapa rasa sesal dan dihantui rasa bersalah menjadi begitu menakutkan bagi sebagian orang yang pernah merasakannya? karena kadang apapun yang kita lakukan untuk menunjukkan rasa penyesalan kita tidaklah mendapat respon positif yang kita harapkan dari orang-orang yang sebenarnya kita harapkan memahami rasa sesal yang menghantui kita.

Dan aku pernah merasakannya, bahkan sampai sekarang. Aku menyadari kesalahanku, Aku meminta maaf dengan setulus hatiku. Aku menyesal. Aku dihantui rasa bersalah dan aku kehilangan sahabatku.

Penyesalanku hanya berani aku curahkan kepada Allah, memohon ampun kepadaNYA untuk semua perbuatanku yang membuat terputusnya tali silahturrahmi.

3 komentar:

  1. saya yakin .. jika kita bersungguh sungguh meminta maaf .. pasti Allah SWT memaakan kesalahan kita ..

    semangat kang ...

    BalasHapus
  2. saya juga penah mengalami hal smacam itu.
    tapi alhamdulillah semua dah kembali tersenyum ceria :). salam kenal...

    BalasHapus
  3. @Hoedz: saya juga yakin seperti itu.... walau kadang hati kecil yang merasa jadi tidak nyaman... apalagi jika ingatan2 itu muncul...

    @dean: alhamdulillah jika semua bisa kembali seperti semula....

    BalasHapus