..............berpendarlah dengan cahaya yang berkilau laksana kunang-kunang di malam yang gelap....... tak perlu ragu karena dari mana asalmu, karena kilau emas sekalipun berasal dari kubangan lumpur juga......................

Sabtu, 25 Juni 2011

Cermin Diri



Akhirnya aku dapat PR juga dari Mbak Meutia Mansur, dan sungguh PR yang membuatku harus merenung sepanjang malam. Siapakah sebenarnya diriku? bahkan sampai aku harus kirim beberapa pesan ke teman-teman dekat, hanya ingin tahu bagaimana pandangan mereka tentang diriku. Dan pagi ini, saat aku melihat bayangan diriku di cerminpun aku masih bertanya pada diri sendiri "siapakah dirimu sebenarnya?"

Dan ternyata bercermin tentang diri sendiri malah lebih sulit daripada ketika kita menjadi cermin bagi orang lain, kadang kita dengan seenaknya memberikan penilaian kepada orang lain tanpa peduli berdampak baik atau buruk tapi kita kadang dengan pongahnya memberikan penilaian terbaik buat diri sendiri, kita kadang lebih sulit bersikap objektif terhadap diri sendiri.

Tapi aku tetap berusaha bersikap objektif terhadap diri sendiri, walau tidak selamanya bisa seratus persen.

Aku selalu berfikir bahwa diriku bukanlah pribadi yang menarik, tapi bagi beberapa orang aku malah terlalu menarik, mungkin karena beberapa keanehanku.

Dan inilah 10 hal tentang diriku yang mungkin sebagian orang-orang terdekatku sudah banyak memahaminya.

1. EGOIS, KERAS KEPALA DAN MOODY

kata yang tepat menggambarkan tentang keseluruhan diriku, aku sangat egois jika itu erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat pribadi, bahkan saking egoisnya membuat orang-orang terdekatku harus ekstra hati-hati ketika memberikan saran kepadaku bahkan keluarga sekalipun, karena aku kadang tak mau menerima sesuatu yang memang tak aku inginkan.

walaupun sudah berusaha mengurangi kebiasaan mood yang suka berubah-ubah tapi tetap saja kalau sudah bad mood bakal diam seribu bahasa, bahkan tak menjawab saat ditanya juga tak menggubris kalau dipanggil. Bahkan juga bakalan tutup facebook untuk beberapa saat. Aku bakal menghindari orang lain saat bad mood agar tidak berdampak buruk bagi orang lain. Tapi kalau mood lagi baik bisa seperti seorang 'peri' kata beberapa temanku.

2. ANTI DURIAN

waaahhhh ini kesamaanku dengan mbak Meutia, mencium bau durian saja sudah bisa membuatku pusing dan sakit maag ku kumat karena asam lambung meningkat. Tapi kata temanku, semakin parah efek bau durian kepadaku maka bagi beberapa temanku itu adalah indikasi bahwa durian itu sangat lezat. Bahkan jika ada acara kumpul dan makan bersama aku melarang teman-temanku pesan jus durian, karena jika mereka melanggar maka aku bakal langsung pergi (sungguh egois). Tapi anehnya efek tersebut tidak akan terjadi jika itu hanya aroma durian sintetis (aku bisa makan permen rasa durian).

3. TERTUTUP

sangat jarang mau terbuka untuk masalah yang sering menimpaku dan lebih suka menuangkannya dalam bentuk tulisan, bahkan sering membuat sahabat-sahabatku complain karena aku jarang mau terbuka dengan mereka.

4. PENDENGAR YANG BAIK & TEMPAT CURHAT YANG MENYENANGKAN

entah kenapa sahabat-sahabatku bilang bahwa serasa nyaman curhat denganku, padahal kadang saat curhat aku bisa bikin mereka yang curhat kepadaku sampai nangis dengan kata-kataku yang kadang terlalu lugas.

5. CEPLAS-CEPLOS

ini nih yang sering membuat orang lain 'sakit hati' dengan gaya bicaraku yang kadang terlalu ceplas-ceplos bahkan kadang tak peduli bahkan dengan orang yang lebih tua dariku. ini contohnya kata-kata yang pernah aku ucapin kepada tanteku sendiri "jangan mentang-mentang jadi orang yang lebih tua jadi lupa caranya beretika kepada yang muda, dan jangan salahkan yang muda tidak bisa bersikap sopan kepada yang tua kalau yang tua tidak bisa mengajarkan sopan santun kepada yang muda"

6. PEMARAH SEKALIGUS PEMAAF

aku mudah tersingguh dan kadang cepat marah, tapi secepat itu marah secepat itu pula hilang dan memaafkan.

7. FEMINIM

dari kecil aku sudah dibilang seperti perempuan, awalnya aku merasa minder karena merasa itu adalah kekuranganku, tapi sekarang aku akan bilang bahwa itu adalah kelebihanku.

8. BERTATAP MATA

paling tidak suka jika orang lain menatap mataku dengan lekat-lekat. Seolah mereka sedang menelanjangi dan mengulitiku hidup-hidup.

9. MENGHARGAI PERBEDAAN

aku sangat menghargai dengan perbedaan, karena aku berfikir kalau semua orang sama maka dunia ini malah bakal jadi 'aneh'. Bahkan saking sukanya dengan perbedaan aku dengan mudah menikmati musik-musik yang beragam seperti barat, korea, jepang, india, mandarin, lokal bahkan dangdut dan campur sari. Bahkan begitupun dengan film.

10. SANGAT MENYUKAI CERITA TRAGIS

salah satu keanehanku adalah sangat menyukai cerita dengan akhir cerita yang sangat menyedihkan, rasanya puas kalau sudah mencucurkan air mata seember.

Selain 10 hal di atas sebenarnya masih banyak beberapa hal tentang diriku, antara lain suka sekali membuat kue/kudapan tapi paling males kalau disuruh masak walau sebenarnya bisa. Suka sekali makan dan paling benci orang yang suka 'mencaci makanan' apalagi kalau makanan pemberian orang lain. Atau juga gayaku yang kadang kata orang 'sok' selebritis (^_^). Bahkan juga sangat ngefans sama yang namanya BRITNEY SPEARS semenjak kelas 3 SMP sampai sekarang ini. Tapi 10 hal di atas sudah sangat mewakili siapa sebenarnya diriku.

Dan Akhirnya PR ini kelar juga, dan saatnya setor tugas ke Ibu Guru Meutia Mansur ^_^

9 komentar:

  1. Tertutup .. berarti sampeyan menganut konsep HAN ya mas .. ?
    hati² lho .. banyajk artis Korea bunuh diri gara² tertutup
    hehehehe ..

    Viva Briteny Spears

    BalasHapus
  2. @Hoedz: tertutup untuk hal2 yang sangat pribadi... tapi klo ada yg mengganjal di hati bakal ngomong ceplas-ceplos tanpa ba bi bu lagi......

    BalasHapus
  3. aku mah gag bisa makan permen duriannya pun kak T.T
    enek iihh... uweks
    i like no 10 too ;D

    BalasHapus
  4. sangat menykai cerita tragis, jagn smpai hdup kk tragis ajj ya..hehehe
    salam bloofers kak..

    BalasHapus
  5. @Syifa: klo permennya dari durian asli bakal terasa diperut... tapi klo sitesis masih toleransi tubuh ini

    @Fira: hahahaha... salam kenal balik.... cerita tragis lebih mudah diingat daripada cerita happy ending.... contohnya aja romeo-juliet... klo hidup sih tergantung kitanya aja bagaimana car menyikapi

    BalasHapus
  6. hwaaa.. padahal durian enak loh. sy mpe ngebut2 wa motor ma kawan2, di siang bolong seklipun hanya demi durian. hihi.. nnt klo temennya mkn durian, bagiannya si adi, buat sya sj. okeh? heheh

    BalasHapus
  7. @Accilong : hahahaha..... mungkin udah bawaan lahir kali ya....

    BalasHapus
  8. kejujuran menilai diri memang sulit, tapi buah kejujuran tersebut akan membuat diri selalu waspada dan hati-hati,
    salam, lama tak jumpa nih baik-baik selalu sajakah?

    BalasHapus
  9. @Thanjawa: alhamdulillah kabar baik2 aja.....

    BalasHapus