..............berpendarlah dengan cahaya yang berkilau laksana kunang-kunang di malam yang gelap....... tak perlu ragu karena dari mana asalmu, karena kilau emas sekalipun berasal dari kubangan lumpur juga......................

Kamis, 03 November 2011

Drama Korea Favorit-ku

Pasti banyak diantara kita yang demam dengan drama Korea. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa drama-drama buatan negeri gingseng tersebut selalu jaminan mutu dan tak sedikit yang memancing emosi baik tawa, ceria, suka, duka, sedih, tangis dan marah. Selain itu menurut saya pribadi banyak hal yang bisa dipetik dari serial drama buatan korea yang tidak kita temukan di Indonesia..... Produser di Korea lebih berani menampilkan drama dengan durasi episode yang lebih pendek dibanding sinetron Indonesia.... Tentu mereka harus berusaha keras dan membuat tayangan bermutu agar modal produksi bisa tidak sia-sia walau hanya dengan jumlah episode yang pendek. Berikut saya mau sedikit berbagi tentang drama-drama korea favorit saya (pribadi), dan mungkin saja juga salah satu favorit rekan-rekan yang lain.... Saya rangking dari yang paling favorit.
1. Jewel In The Palace

Dae Janggeum atau juga dikenal Jewel in the Palace adalah serial drama tahun 2003 yang diproduksi oleh saluran TV MBC Korea Selatan. Ceritanya didasarkan pada tokoh sejarah yang diceritakan dalam Catatan Sejarah Dinasti Joseon, yang berpusat pada Jang-geum (diperankan oleh Lee Young-Ae), dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea. Tema utamanya adalah kegigihiannya, serta gambaran tentang budaya Korea yang tradisional, termasuk makanan serta obat-obatan istana kerajaan Korea. Kegigihan dan sifat pantang menyerah sangat memberikan inspirasi kepada saya. Selain itu cara-cara memasak ala Korea menjadi sangat menarik bagi saya.


2. Endless Love / Auntumn in my heart

Pasti sudah banyak yang tahu dengan drama satu ini, drama korea pertama yang saya lihat dan mampu menguras berliter-liter air mata saya.

Dikisahkan tentang Yun Joon Suh (Song Seung Hun) dan Eun Suh (Song Hye Kyo) dibesarkan sebagai kakak beradik selama 14 tahun sampai munculnya sebuah fakta yang mengejutkan keluarga mereka. Ternyata Eun Suh bukan adik perempuan kandung Joon Suh melainkan anak orang lain yang tertukar ketika masih bayi.

Kekeliruan tersebut tanpa sengaja terungkap ketika Eun Suh mengalami kecelakaan. Begitu terungkap, kehidupan Eun Suh dan Shin Ae berubah total. Shin Ae yang akhirnya kembali ke pelukan keluarga Yun dan Joon Suh pun dibawa oleh ayah-ibunya ke Amerika Serikat. Sedangkan Eun Suh ditinggalkan di Korea pun terpaksa membanting hidup untuk menyambung hidupnya.

 Setelah sembilan tahun berlalu, keluarga Yun akhirnya kembali ke Korea. Joon Suh yang telah menginjak usia dewasa tanpa sengaja bertemu lagi dengan Eun Suh di sebuah hotel. Eun Suh kini bekerja di sebuah hotel milik sahabat Joon Suh, Hun Tae Suhk (Won Bin).

Pertemuan Joon Suh dan Eun Suh ternyata mendatangkan kesulitan di kemudian hari. Sebab mereka akhirnya menyadari bahwa cinta kasih di antara mereka tidak lagi merupakan kasih kakak beradik melainkan telah berubah menjadi cinta antara pria dan wanita.

Namun mereka juga menyadari tidak mudah mewujudkan hal tersebut sebab Joon Suh telah punya tunangan. Tidak hanya itu, Eun Suh pun dicintai Tae Suhk. Bahkan pergulatan cinta di antara mereka bertambah rumit, ternyata Shin Ae  tergila-gila kepada Tae Suhk.

Dan menjadi sangat mengharukan saat drama ini ditutup dengan sad ending...... 





3. Oh! My Lady

Alasan utama ingin lihat drama ini adalah ada aktor sekaligus member Suju idola saya yaitu Choi Siwon, ditambah sosok Chaerim yang lama tak terlihat, dan ternyata drama ini sungguh membuat saya selalu pulang kerja tepat waktu. Salah satu ost.nya hampir tiap hari saya dengarkan.

Bercerita tentang seorang wanita perkasa, ibu rumah tangga yang berumur 35 Tahun, Yoon Gae Hwa (Chae Rim), yang bekerja sebagai di sebuah perusahaan Management Artis dalam rangka untuk mencari uang yang cukup untuk mendapatkan hak asuh atas anaknya dari mantan suaminya.

Kisah cinta, drama dan romantika yang dibalut oleh suasana komedi terjadi ketika seorang bintang terkenal Korea, Sung Min Woo (Choi Si Won) menyewa Yoon Gae Hwa untuk mengurus anak biologisnya, Ye Eun (Kim Yoo Bin) dan merahasiakan keberadaan anak tersebut dari publik dengan sedikit perjanjian diantara mereka berdua. Lambat laun tanpa mereka sadari tumbuh benih-benih cinta diantara mereka berdua. Cinta yang pebuh perbedaan, perbedaan kelas sosial, perbedaan usia dan perbedaan karakter yang kontras. Tapi Sung Min Woo menunjukkan tekadnya dengan cara yang sangat "unik" untuk mendapatkan cinta dari  Yoon Gae Hwa



4. Full House

Perpaduan Song Hye Kyo dan Rain sangat mampu menghidupka drama yang sebenarnya sangat sederhana ini.

Drama ini bercerita tentang pernikahan kontrak antara wanita biasa bernama Han Ji-Eun (Song Hye Kyo) dan aktor bernama Lee Young-Jae (Rain). Han Ji-Eun, seorang penulis naskah, tinggal di rumah bernama Full House yang dibangun oleh ayahnya. Pada suatu hari, Ji-Eun ditipu oleh dua orang temannya. Ia dibohongi telah memenangi liburan serba gratis ke Luar negeri. Di dalam pesawat, Ji-Eun duduk berdampingan dengan Young-Jae, seorang aktor terkenal dan tampan. Keduanya menjadi saling mengenal setelah Ji-Eun muntah di kemeja Young-Jae. Di Shanghai, Ji-Eun kehabisan uang dan harus meminjam uang kepada Young-Jae. Kedua teman yang menipunya mengatakan semua pengeluaran, termasuk biaya makan sudah ditanggung. Setiba kembali di Korea, Ji-Eun sadar dirinya telah ditipu, dan rumah tempat tinggalnya sudah dibeli oleh Young-Jae. Keduanya setuju untuk tinggal di satu rumah, asalkan Ji-Eun bekerja sebagai pembantu rumah tangga agar bisa mendapatkan kembali rumahnya. Dari sinilah kisah percintaan drama komedi ini dimulai.



5. Secret Garden

Alasan nonton pertama adalah adanya aktris Ha Ji Won yang saya suka, dan cerita yang kadang sangat lucu ini juga membuat saya makin mengidolakan sosok cantik Ha Ji Won.

Drama ini menceritakan kisah Gil Ra Im (Ha Ji-won), sebuah stuntwoman miskin dan rendah hati dan Kim Joo Won (Hyun Bin), seorang CEO arogan dan eksentrik. Pertemuan secara kebetulan, ketika Joo Won salah mengira bahwa Ra Im adalah aktris Chae Rin Taman, hubungan mereka diawali dengan ketegangan dan pertengkaran. Tapi tak bisa dipungkiri tumbuh rasa ketertarikan dalam hati Joo Won kepada Ra Im, Joo Won mencoba untuk menyembunyikan  rasa ketertarikannya tapi hal itu malah mengganggu dia. Cerita makin menarik ketika kejadian aneh menimpa mereka, jiwa mereka tertukar satu sama lain.


6. Summer Scent

Saya terbawa suasana musim panas saat lihat drama ini, benarkah debaran jantung bahkan tak pernah bisa membohongi rasa cinta???

Yoo Min-Woo (Song Seung-heon) sangat mencintai Seo Hye Eun-(Shin-ae). Namun, Eun-Hye mengalami sebuah kecelakaan mobil dan meninggal. Tanpa pengetahuan Yoo Min-Woo, orang tua Eun-Hye memutuskan untuk mendonorkan organ-organ tubuhnya. Dilain pihak, Shim Hye-Weon (Son Ye-jin) menderita penyakit jantung yang mengerikan sejak masa kanak-kanak. Ajaibnya, dia mendapatkan donor jantung yang tepat, belakangan diketahui bahwa itu adalah jantung Seo Eun-Hye.

Setelah kematian Seo Hye Eun, Min-Woo pergi ke Italia untuk belajar dengan kenangan Eun-Hye. Ketika kembali ke korea, nasib mempertemukannya dengan Hye-Weon.

Dan pergulatan cinta dan batin berbalut kenangan dan kepedihan masa lalu bergulir, tapi cinta sejati tetap akan memberikan jalannya.
 


7. The Great Queen Seondeok

Mengisahkan perjuangan ratu pertama di Korea dari kerjaan Silla akan tetapi sosok antagonis Lady Mishil lah yang membuatku suka dengan drama ini.
 

8. City Hall

Apa jadinya kalau gadis biasa, PNS rendahan di kantor walikota tiba-tiba ikut pertarungan politik memperebutkan kursi Walikota??? Dibumbui kisah cinta beda kelas cerita ini menjadi sangat mengharukan.


9. Memories of Bali / Something Happened in Bali

Inilah pertama kali saya begitu menyukai Ha Ji Won, karena dia mampu menghidupkan suasana mencekam ditengah konflik cinta segi empat di tengah perbedaan kelas sosial.

Ditambah dengan sad ending membuat drma ini selalu sulit dilupakan.


10. Princess Prosecutor



Ma Hye Ri (Kim So Yeon) adalah wanita yang punya ingatan yang sangat bagus dan kemampuan fokus yang baik, sehingga dia dengan mudah lulus ujian dari perguruan tingginya tanpa harus belajar keras. Walau punya kemampuan hebat tersebut, Hye Ri ternyata lebih suka menjadi wanita bergaya dalam fesyen. Bahkan ia gila belanja agar bisa mengoleksi barang-barang bermerek.

Selain itu, Hye Ri kurang suka bekerja keras karena lebih suka bersenang-senang. Tidak heran jika ia begitu karena adalah putri satu-satunya ayahnya yang memang pengusaha kaya raya. Ibunya begitu memanjakannya sehingga Hye Ri sangat manja dan keinginannya harus dituruti.

Namun sikapnya mulai berubah ketika bekerja sebagai jaksa. Sempat diragukan kapasitasnya sebagai jaksa yang ideal dan mengalami konflik dengan jaksa lain yang tidak menyukai gayanya, akhirnya Hye Ri bisa tumbuh menjadi jaksa yang teguh pada keadilan.

Ditambah bumbu-bumbu konflik percintaan dan kejadian masa lalu ayahnya, makin membuat Hye Ri menjadi sosok yang mengagumkan dan tidak ternilai dari kulit luarnya saja.




11. Beethoven Virus

Perjuangan dan kerja keras adalah tema utama drama ini, dengan setting grup orkestra amatiran membuat cerita ini penuh dengan bumbu-bumbu intrik emosi antara pemainnya.


12. Hotelier

Drama dengan setting kehidupan kerja para karyawan hotel berbintang lima, membuat drama ini tidak monoton tentang cinta.


13. Baker King Tak Goo / Bread, Love and Dream

Wow..... saya suka karena banyak adegan membuat roti, tapi selain itu sosok karakter Tak Goo yang pantang menyerah dan tidak pendendam membuatku simpati.


14. Sad Love Story

Sebenarnya saya hampir lupa dengan drama ini, yang saya ingat adalah air mata yang selalu menghiasi mata Park Hae In dan Suh Joon Young, dan dari drama ini saya juga mengidolakan Kwon sang woo.


Kira-kira itulah drama-drama korea favorit saya, walau sebenarnya masih banyak yang lain yang sudah pernah saya lihat. Tapi drama tersebut yang masih mampu menuri perhatian saya secara lebih.

2 komentar:

  1. kunjunagn sob ..
    salam sukses selalu ..
    kalau saya suka banget ma full house gan ,, :)

    BalasHapus
  2. full house paling seneng selain itu jang geum, endless love yang bikin nangis enggak habis2 yang jadi kakaknya ganteng banget, kapan2 di uploadtin fotone ya mas, tengkyu......

    BalasHapus