Senin, 03 Desember 2018

KEBUN RAYA BOGOR, HUTAN DI TENGAH KOTA

Kalau tanya berapa kali aku ke Kebun Raya Bogor maka jawabannya adalah aku sudah lupa berapa kali saking seringnya, entah itu sendiri atau dengan teman-teman atau bahkan sebagai pemandu.
Dan kalau ditanya apa tidak bosan? Tentu saja tidak karena suasana Kebun Raya Bogor sendiri selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Jika ditanya apakah ingin berkunjung ke kebun raya yang lain? Jawabannya pasti saja ingin, selain Kebun Raya Bogor, aku sudah mengunjungi Kebun Raya Cibodas 2 kali, dan Kebun Raya Purwodadi 1 kali, sedang Kebun Raya Bali masih menjadi cita-cita sampai sekarang.
Bukankah setiap kebun raya rasanya akan sama saja? Oh tentu saja tidak, setiap kebun raya punya keunikannya sendiri-sendiri.
Lalu apa saja yang kita peroleh jika ke kebun raya? Jawabnya ya banyak, kita dapat banyak pengetahuan tentang tanaman juga dapat cerita sejarah dan tentunya kita lebih banyak dapat udara segar di sana.
Kalau katanya sering ke Kebun Raya Bogor berarti hapal dong seluk beluk di dalam kebun raya ada apa saja? Oh tentu lumayan hapal setidaknya tidak sampai kesasar atau hanya muter-muter saja di satu tempat, kata temanku sih kalau aku tutup mata juga bakal sampe ke tujuannya.
Nah kalau di Kebun Raya Bogor itu mana saja tempat yang asyik dan unik atau setidaknya bagus buat foto-foto? Nah kalau itu aku punya beberapa list tempat atau spot yang mungkin bisa kalian kunjungi jika ke Kebun Raya Bogor.
1.       Tugu Lady Raffless.
2.       Area Kolam Gunting belakang Istana Bogor dan Tugu Reinwardt
3.       Jalan kenari 1
4.       Museum Zoologi, Laboratorium Treub dan Bank Biji
5.       Taman Araceae
6.       Taman Teijsmann
7.       Koleksi Tumbuhan Kelapa
8.       Koleksi Tumbuhan Bambu
9.       Makam Belanda
10.   Pohon Raja
11.   Taman Mexico
12.   Koleksi Pandan-pandanan
13.   Taman Akuatik koleksi tumbuhan air
14.   Koleksi Paku-pakuan
15.   Monumen Kelapa Sawit
16.   Randu Kembar
17.   Jalan Kenari 2
18.   Tugu Peringatan 2 Abad KRB
19.   Jalan dan Lapangan Astrid
20.   Koleksi Tumbuhan Strophanthus
21.   Pohon Baobab
22.   Koleksi Pinus
23.   Kolam Teratai Raksasa
24.   Pohon kelapa kembar/raksasa
25.   Griya Anggrek
26.   Orchidarium dan koleksi tanaman obat
27.   Taman Lebak Sudjana Kassan
28.   Pohon Jodoh
29.   Jembatan gantung
30.   Petilasan Bung Karno
31.   Komplek Makam Ratu Galuh Mangkualam
Nah jika sudah menemukan semua tempat tersebut dalam satu hari berarti kalian sudah termasuk dikatakan hapal seluk beluk Kebun Raya Bogor.
Atau jika ingin menjelajah Kebun Raya Bogor tapi takut kesasar atau bingung bisa kontak ke social mediaku. Di Instagram @sudiawan_adi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar